PEMERIKSAAN/DIAGNOSIS SISTEM KEMUDI

PEMERIKSAAN/DIAGNOSIS

Diagnosis ( trouble shooting ) sistem kemudi dilakukan secara manual. Pada saat memeriksa system kemudi, perhatikan bahwa antara system kemudi dengan roda-roda depan ada kaitannya, demikian juga dengan suspensi, poros dan rangka. Adanya hubungan tersebut disebabkan oleh system kemudi, suspensi atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bahwa gangguan terdapat pada system kemudi, pertimbangkan dan periksa semua penyebab lain yang mungkin ada.
Memeriksa tinggi permukaan oli pada gear box
  1. Cara memeriksanya sebagai berikut :
  2.  Tempatkan kendaraan pada tempat yang rata
  3.  Periksa tinggi permukaan oli
  4.  Bersihkan bagian atas dan roda gigi kemudi
  5.  Kendorkan dan lepaskan sumbat pembuang
  6.  Masukkan obeng kecil ke dalam lubang pengisi oli dan ukur jaraknya.
  7.  Tambahkan oli apabila permukaan rendah, kemudian ada kebocoran atau tidak.
  8.  Pasang kemlai sumbat penguapan
Memeriksa lengan penghubung kemudi ( steering linkage )
Cara memeriksanya sebagai berikut :
  1. Tempatkan kendaraan pada tempat yang rata
  2. Periksa tinggi permukaan oli
  3. Bersihkan bagian atas dari roda gigi kemudi
  4. Kendorkan dan lepaskan sumbat pembuang
  5. Masukkan obeng kecil ke dalam lubang pengisi oli dan ukur jaraknya
  6. Tambahkan oli apabila permukaan rendah, kemudian ada kebocoran atau tidak
  7. Pasang kembali sumbat penguapan.
Memeriksa tinggi permukaan oli pada gear box
Memeriksa lengan penghubung kemudi ( steering linkage )

Pemeriksaan kebebasan roda kemudi
Langkah-langkahnya :
  1. Putar roda kemudi hingga pada posisi lurus
  2. Putar perlahan-lahan roda kemudi jangan samapai roda berherak
  3. Besarkan gerakan roda kemudi (free play)
  4. Besarnya kebebasan roda kemudi bergantung pada model mobil, biasanya tidak lebih dari 30 mm
Kemudi berat
Langkah-langkahnya :
  1. Periksa tekanan ban
  2. Periksa steering systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)
  3. Periksa ball jaoin atau king pin
  4. Periksa suspension arm
  5. Periksa tinggi kendaraan
  6. Periksa wheel aliggment
Memeriksa sabuk penggerak pompa pada power steering
Memeriksa sabuk penggerak pompa pada power steering, yaitu :
  1. Sabuk penggerak pompa harus diperiksa dan diganti bila pecah-pecah
  2. Mengkilat / terbakar
  3. Kerusakan lain/ tergencet
Apabila sabuk penggerak pompa berbunyi pada saat kendaraan sedang membelok, berarti sabuk dalam keadaan kendor, oleh karena itu, perlu disetel. Penyetelan dapat dilakukan menggunakan alat khusus uji ketegangan sabuk
  
langkah langkah pemeriksaan tekanan kerja power stearing adalah sebagai berikut :
  1. Lepaskan saluran tekanan dari rumah pompa
  2. Pasangkan meter tekanan dan kran, antara saluran yang dilepas dengan saluran ke luar pompa
  3. Untuk pemeriksaan teliti, perlu bantuan termometer dan tachometer
  4. Keluarkan angin yang kemungkinan ada pada sistem dengan jalan menghidupkan motor dan memutar kemudi ke kanan dan ke kiri berkali-kali. Periksa ketinggian cairan, tambahkan bilamana perlu, dan biarkan meter katup sampai cairan mencapai suhu spesifikasi
  5. Ukur tekanan cairan pada rumah gigi kemudi, harga spesifikasi tekanan lebih dari 72 kg/cm