Belajar ternyata tidak pernah kita sangka

Mungkin ketika kita mendengar kata belajar yang ada di benak kita sering kali membayangkan bahwa yang namanya belajar itu hanya membaca buku, mengamati kejadian dan mendengarkan. Terkadang ketiga hal itu kita anggap sudah biasa dan tidak ada istimewanya. Bahkan hal tersebut kita anggap hal yang menjemukan bagi pikiran kita.

Nah, bicara soal belajar ada hal-hal yang belum kita sadari, misalnya saja kita punya sebuah hobi. Kita sering menjalani hobi kita dengan penuh semangat. Terkadang ketika kita merasa hobi kita mulai membuat jenuh, dalam pikiran kita terlintas rasa ingin menambahkan sesuatuyang lain agar hobi kita menjadi lebih meyenangkan. Dari situ kita sudah mulai mengembangkan hobi kita.

Seperti pendapat para ahli pendidikan yang sudah sangat terkenal, telah dikatakan bahwa belajar merupakan serangkaian kegiatan untuk mendapatkan pengalaman yang kemudian kita bisa memanfaatkan pengalaman itu untuk kehidupan di kemudian hari. Seperti pendapat mereka ketika kita melakoni suatu kegiatan/aktifitas secara tidak langsung kita sudah melakukan kegiatan belajar. Mengapa demikian? Dari kegiatan yang telah kita lakukan itu kita secara langsung mengevaluasi hasil dari kegiatan itu. Dari hasil evalausi itu kita mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bisa dipraktikan dikemudian hari.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa belajar itu dilakukan dengan membaca, mengamati, dan mendengar secara langsung. namun aktifitas belajar tidaklah mutlak dilakukan secara terencana. Aktifitas belajar lebih didominasi oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara tidak terencana yang lebih terasa menyenangkan pikiran kita. Dari itu kita kembalikan lagi bahwa belajar itu kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu berdasarkan pengalaman yang kita peroleh dan bisa kita manfaatkan kelak.

Jadi bila ada istilah belajar sepanjang hayat itu memang benar adanya. Sejak kita dilahirkan di dunia Kita telah melakukan kegiatan belajar hingga akhir hayat kita. Jadi jika ada orang yang mengatakan seseorang tidak pernah belajar bisa kita sanggah dan kita beritahukan bahwa belajar itu sudah dilakukan sepanjang hayat namun hasil dari belajar terkadang tidak bisa kita rasakan tergantung pikiran kita sendiri.

Nah, ketika anda selesai membaca artikel ini secara tidak langsung anda sudah belajar.